Mengapa Hari Santri Diperingati Tanggal 22 Oktober ??

Portal STEBIS, 22/10/2021.

22 Oktober diperingati sebagai Hari Santri Nasional. Adakah yang tahu mengapa Hari Santri diperingati pada tanggal tersebut? Apakah ada kisah heroik yang terjadi pada tanggal tersebut, apa yang dilakukan santri-santri sehingga perlu diperingati hari santri? Pertanyaan ini mungkin terbersit di pikiran sebagian orang.

“Penetapan 22 Oktober sebagai Hari Santri merujuk pada tercetusnya resolusi jihad yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia,” ujar Yaqut. Tanggal tersebut dipilih karena bertepatan dengan penandatanganan Resolusi Jihad (22 Oktober 1945), yang digagas KH. Hasyim Asy’ari dan puluhan Kiai se Jawa-Madura. Resolusi Jihad ini dianggap sebagai ikrar sekaligus manifestasi dukungan ulama dan para santri terhadap kemerdekaan Indonesia.

Menurut Yaqut, resolusi jihad tersebut yang membangkitkan semangat juang bangsa Indonesia. Bahkan resolusi jihad ini melahirkan pertempuran 10 November di Surabaya yang kemudian dikenang sebagai Hari Pahlawan.

“Resolusi jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 November 1945 yang kita semua peringati sebagai Hari Pahlawan.

ir……

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *